Jasa Laser Cutting Bahan

Jasa Laser Cutting Bahan

Jasa Laser Cutting BahanSebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, terkadang kita mengalami kesulitan saat menggunakan mesin laser cutting. Untuk menghindari kesalahan tersebut, seseorang harus lebih sering mencoba dan mengecap pengalaman.

Dari pengalaman yang ada, proses penggunaan mesin laser cutting bisa dimaksimalkan. Kesalahan kecil hingga besar yang sebelumnya dilakukan, bisa dihindari dengan baik. Produk yang dikerjakan tampak sempurna dan konsumen merasa puas.

Kesalahan Umum Operator Pemula Jasa Laser Cutting Bahan

Sebagai seorang pemula, Anda mungkin sudah belajar bagaimana cara mengoperasikan mesin laser cutting yang baik dan benar. Namun, dalam prakteknya ada saja masalah yang muncul baik yang disengaja maupun tidak.

Jasa Laser Cutting Bahan

Supaya terhindar dari kerugian akibat kelalaian dalam bekerja. Kenali beberapa kesalahan umum yang paling sering dilakukan oleh operator pemula jasa mesin laser cutting bahan di bawah ini:

  • Saat Memotong Akrilik Menghasilkan Ukiran Putih Buram

Saat menawarkan jasa laser cutting bahan terbaik, Anda akan mendapatkan banyak klien termasuk yang ingin memotong akrilik. Akrilik memiliki karakteristik yang mirip kaca tapi jauh lebih special dan baik dibandingkan kaca.

Akrilik tidak mudah pecah dan memiliki sifat mengkilap yang lebih unik dari kaca. Jenis-jenis akrilik sangat banyak, ada yang transparan, buram atau berwarna terang.

Masalah yang dialami saat memotong akrilik ini bisa jadi karena pemakaian akrilik yang tidak pada tempatnya. Lembaran akrilik yang dijual di pasaran itu terdiri dari dua macam, yakni akrilik cord an akrilik terekstrusi.

Saat memiliki akrilik cor, otomatis Anda akan mendapatkan warna putih buram. Akrilik ini paling sering dimanfaatkan untuk membuat plakat maupun patung penghargaan. Meskipun dalam prosesnya dipotong menggunakan jasa mesin laser cutting, hasil tepinya akan tampak rapi tidak terkesan dipoles dengan panas api yang tinggi.

Sementara untuk akrilik terekstrusi yang dipotong menggunakan mesin laser cutting akan menghasilkan warna yang lebih terang dan jernih. Bagian tepinya akan tampak jelas telah dipoles dengan laser api panas.

Sebelum menggunakan jasa laser cutting bahan murah alangkah baiknya bila Anda memilih jenis bahan yang tepat. Bila ingin hasil yang putih buram, direkomendasikan pilih akrilik cor daripada akrilik terekstrusi. Akrilik terekstrusi harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan akrilik cor.

  • Memotong Kain Akan Tetapi Bahan Terbakar

Mesin laser cutting memotong bahan dengan panas yang dihasilkan oleh laser. Berbeda dengan mesin CNC yang menggunakan mata bor. Jadi, saat memotong kain seorang operator mesin harus bekerja ekstra hati-hati. Jangan sampai kain yang dipotong terbakar habis.

Langkah pertama menghindari kondisi tersebut adalah dengan mengenali karakteristik dari masing-masing kain. Anda harus mencari tahu, batas maksimal suhu panas yang bisa ditahan oleh tiap-tiap kain.

Contohnya kain sifon tentu jauh lebih rentan bila dibandingkan dengan katun. Karena kain sifon permukaannya jauh lebih tipis dan licin. Ada baiknya untuk tidak dilaser terlalu lama atau setara dengan waktu melaser kain katun.

Selain katun, kain denim, kulit dan kanvas merupakan jenis kain yang mampu bertahan dari penggunaan mesin laser tingkat tinggi. Berbanding terbalik dengan kain yang teksturnya lebih lembut, saat memotong kain ini pastikan kecepatannya tinggi dan daya renah.

Saat melakukan pengaturan seperti itu, perhatikan bagaimana kondisi kainnya. Bila masih bagus, tidak ada salahnya untuk menambah tingkatan daya hingga memperoleh hasil sempurna.

  • Hasil Pemotongan Kaca Kurang Konsisten

Selain kain, kekhawatiran lain yang seringkali dialami oleh operator jasa mesin laser cutting adalah ketika memotong kaca. Berbeda dengan akrilik, kaca lebih mudah pecah dan retak. Saat laser ditembakkan tidak menutup kemungkinan bila permukaan kaca yang rentan akan retak bahkan pecah berkeping-keping.

Supaya menghasilkan finishing yang buram dan halus saat memotong kaca. Usahakan untuk mengaplikasikan beberapa tips ini:

  • Bijaksananya bila Anda memanfaatkan resolusi sekitar 300 DPI. Denagn demikian, hasil ptongan akan jauh lebih baik.
  • Ada kalanya, menambahkan lembaran kertas tisu tipis atau koran basah ke atas area pemotongan akan memperbaiki hasil finishing. Saat menggunakan tips ini, pastikan tidak ada kerutan yang muncul di kertas pasca Anda memasangnya.
  • Pada pengaturan grafis, silahkan turunkan warnanya dari warna hitam 100% menjadi 80%
  • Dan terakhir, ketika menemukan serpihan atau retakan kaca pasca pemotongan perbaiki dengan memoles area tersebut menggunakan spons.
  • Mesin Laser Cutting Tidak Bekerja Dengan Cepat

Sebagai penyedia jasa mesin laser cutting, Anda tentunya ingin selalu memberikan yang terbaik kepada konsumen. Bukan sekedar memotong  harga jasa laser cutting bahan tapi turut memberikan hasil finishing yang bagus.

Untuk merealisasikannya, pastikan bila mesin laser cutting selalu berada dalam kondisi layak pakai. Anda wajib membersihkan dan merawat mesin laser cutting secara rutin. Bagaimana cara merawat dan memelihara mesin laser cutting telah dipaparkan dengan jelas dan rinci di buku panduan.

Saat mesin laser cutting menunjukkan penurunan kinerja mesin, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa optiknya. Optic pada laser memang harus dibersihkan dan dirawat ekstra ketat.

Karena saat memotong akrilik maupun kayu, ada banyak residu yang tertinggal yang kemudian membuat optic laser kotor atau buram. Ketika menemukan warna optic buram, artinya Anda harus segera membersihkannya saat itu juga.

  • Kayu yang Dipotong Hasilnya Tidak Sama Presisi

Kayu merupakan material yang sangat populer di kalangan pencinta furniture. Tidak heran jika permintaan jasa laser cutting kayu setiap hari selalu ada. Sayangnya, masing-masing kayu memberikan reaksi yang tidak sama saat dipotong menggunakan mesin laser cutting.

Contohnya, kayu maple yang bila dipotong oleh mesin laser cutting berdaya rendah akan menghasilkan hasil yang cantik. Sementara kayu yang teksturnya lebih padat, wajib menggunakan daya laser lebih tinggi agar bisa dipotong dengan sempurna.

Hal ini terkadang tidak diketahui oleh operator pemula, sehingga saat memotong kayu hasil akhirnya berbeda antara satu dan lainnya. Padahal tujuan utama memotong kayu menggunakan mesin laser cutting adalah untuk menghasilkan potongan yang sama pada seluruh kayu yang ada.

Itulah beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan oleh penyedia jasa laser cutting bahan ukir pemula yang operatornya belum memiliki banyak pengalaman. Agar tidak mendapatkan hasil mengecewakan seperti itu, pastikan sudah berpartner dengan jasa laser cutting yang profesional dan memiliki jam terbang tinggi.

Tips Menghindari Kesalahan Mengunakan Jasa Profesional Berpengalaman

Jika Anda ingin menghindari berbagai kesalahan tersebut saat mengolah bahan ukir maka, lebih baik untuk menggunakan jasa profesional seperti Pioner Laser. Kami sudah sangat berpengalaman dalam mengolah berbagai bahan sehingga berbagai kesalahan tersebut dapat dihindari.

Kami memiliki operator operasional yang dapat mengatur serta mengoperasikan laser cutting dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Jika Anda memang memerlukan jasa laser cutting bahan bisa langsung menghubungi customer service kami melalui nomor telepon 0812-9687-3997. Namun Anda juga bisa berkunjung langsung ke workshop kami di Jalan Pioner no.45, Jakarta Utara untuk melakukan konsultasi.

5/5 - (1 vote)

No Responses

  1. Anonim
    November 6, 2019

Write a Comment

×