Bagaimana Cara Membuat Neon Box?

Bagaimana Cara Membuat Neon Box – Neon box memiliki banyak bentuk dan jenis. Setiap brand bebas berkreasi dan memilih neon box seperti apa yang terbaik untuk merepresentasikan citra yang ingin dibangun. Semua itu tentu kembali pada kemampuan, tujuan, dan lokasi yang ingin digunakan.

Bagaimana Cara Membuat Neon Box

Bagaimana Cara Membuat Neon Box Akrilik? Simak Tipsnya Di Sini

  • Desain Tampilan

Kesan pertama begitu berharga, begitulah kata pepatah. Ketika sebuah brand memutuskan menggunakan neon box sebagai media promosi, mereka harus menyadari bahwa mereka sedang menunjukkan citra pertama brand.

Diskusikan masak-masak dengan seluruh elemen brand, citra seperti apa yang ingin dibangun sesuai dengan bidang usaha yang digeluti. Hal ini akan tercermin pada desain brand serta desain neon box yang akan digunakan.

Siapkan tampilan terbaik yang dimiliki. Desain ini yang kemudian dicetak dan dipasang pada bahan akrilik yang dipilih sebagai tampilan neon box.

  • Bahan

Siapkan bahan-bahan lainnya seperti kerangka, akrilik tampilan, lampu neon, dan peralatan untuk memasang lainnya. Bagaimana cara membuat neon box akrilik harus disiapkan dengan matang.

Untuk double sided neon box, menggunakan dua tampilan yang bisa dilihat dari dua arah. Maka penggunaan akriliknya menjadi dobel. Hal ini berkaitan dengan lokasi penempatan neon box. Jika dipasang pada tiang terpisah, otomatis bahannya bertambah menjadi tiang penyangga neon box.

  • Penerangan

Ada beberapa jenis penerangan yang bisa dipilih neon box. Penerangan full atau standar adalah penggunaan lampu secara merata pada tampilan atau layar neon box. Penerangan dual samping artinya penggunaan cahaya lampu pada sisi samping neon box. Penerangan kombinasi, berarti menambahkan lampu pendar yang unik pada eksternal neon box.

Untuk menonjolkan keunikan usaha, bisa memilih penerangan kombinasi. Namun, perlu dipertimbangkan juga daya listrik yang digunakan karena itu berarti lampu yang dipasang pun bertambah. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan lampu dengan daya yang lebih kecil.

  • Cutting Material

Memotong material akrilik disesuaikan dengan desain yang diinginkan. Ada beberapa brand yang menggunakan desain unik pada tampilan akrilik. Ada pula yang mengambil siasat menggunakan bentuk yang tidak biasa misalnya lingkaran, oval, dst. Pemotongan material bisa menggunakan mesin router atau laser cutter.

  • Kerangka

Bahan yang biasa digunakan sebagai kerangka adalah baja ringan atau aluminium. Penggunaan bahan yang kokoh tentu akan menjamin keamanan dan ketahanan neon box. Selain itu, pastikan kerangka terpasang sempurna dan tepat ukuran dengan bahan material tampilan atau layar.

Pengamanan kerangka biasanya menggunakan stainless atau aluminium. Hal ini dilakukan untuk melindungi lampu dalam kotak neon box agar tidak terkena hujan.

  • Pemasangan

Setelah semua bahan selesai dirakit dengan baik, neon box dipasang pada tempat yang diinginkan. Apabila neon box tersebut bersifat sebagai penunjuk produk untuk pengunjung, maka cukup dipasang di dalam ruangan.

Jika neon box dipasang agar berfungsi untuk fungsi yang lebih kompleks, pastikan pemasangannya mematuhi tata tertib yang berlaku. Misalnya saja sebagai penunjuk identitas, penunjuk arah, dan untuk menarik pengunjung.

Neon box yang bersifat reklame dan dipasang terpisah dari bangunan, akan terkena pajak reklame dan harus membayar pajak pada Bapenda. Selain itu, harus ada perawatan secara berkala untuk memastikan neon box tetap aman dari kemungkinan yang buruk.

Plus Minus Neon Box Berdasarkan Bahan Cover

Walaupun penggunaan neon box sudah menjamur, namun jenis yang digunakan berbeda-beda. Salah satu faktor yang menyebabkan perbedaan tersebut adalah keterbatasan anggaran. Sehingga, muncul berbagai alternatif bahan agar setiap brand dapat menggunakan neon box sebagai media promosi. Bagaimana cara membuat neon box harga terjangkau, bisa memilih berdasarkan bahan.

  • Akrilik

Bahan material satu ini adalah yang paling mahal diantara jenis neon box yang lain. Neon box akrilik sering digunakan oleh brand-brand yang berskala nasional. Selain itu, neon box jenis ini sering digunakan oleh perusahaan atau brand besar. Seperti misalnya brand minimarket yang terdapat di daerah-daerah.

Neon box akrilik memiliki keunggulan bahan yang awet dan tahan lama. Bahan ini memberi kesan eksklusif dan elegan dibanding bahan lainnya. Karena bahannya yang relatif tebal, efek yang ditimbulkan membuat pencahayaan terlihat lembut.

Kekurangan bahan akrilik, jika terlalu lama terkena pancaran sinar matahari dan cuaca yang tidak menentu, bahan material menjadi buram. Tingkat kebeningannya menurun sehingga desain gambar atau tulisan menjadi kurang jelas.

  • Duratrans

Neon box jenis ini sering juga disebut sebagai neon box film. Bahan duratrans lebih tipis daripada akrilik dan memiliki efek mirip kaca. Bahan ini menjadi pertengahan pilihan antara akrilik dan vinyl. Bahan ini tahan benturan, hanya saja efek yang dihasilkan tidak selembut bahan akrilik.

  • Vinyl

Bahan vinyl adalah kain semi plastik yang memungkinkan untuk diprint pada permukaannya sesuai desain yang dibutuhkan. Bahan ini adalah yang paling terjangkau di antara pilihan yang lain.

Karena harganya yang bersahabat, bahan ini yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Terutama pengusaha pemula dan usaha-usaha kecil seperti toko, kafe, warung makan yang berskala kecil.

Walaupun harga dan bahannya terjangkau, penampilannya tidak kalah saing dengan dua pilihan lainnya. Hanya saja, daya tahannya memang tidak sebagus akrilik dan duratrans. Sehingga, harus sering lebih sering dirawat bahkan diganti. Bagaimana cara membuat neon box vinyl bisa ditemui di banyak tempat.

Tipe Neon Box Berdasarkan Tempat Pemasangan

Secara tidak sadar, neon box memberi pengaruh yang besar bagi sebuah brand maupun masyarakat secara umum. Setelah melihat promo menarik yang terpasang pada neon box, tidak sedikit yang menjadi tertarik lalu membeli produk yang dimaksud.

Pemasangan neon box menjadi punya peran tersendiri. Apabila ditempatkan di area yang mudah dijangkau mata, ditambah dengan desain dan pilihan kata yang tepat, daya tarik menjadi naik. Ada beberapa jenis pemasangan neon box yang bisa menjadi perhitungan para pengusaha pemula.

  • Tiang Sendiri

Neon box jenis ini dipasang terpisah dari bangunan dan diletakkan pada sebuah tiang. Neon box jenis ini menjadi media reklame sebuah brand, sehingga dikenakan pajak reklame yang harus dibayarkan pada pemda setempat. Karena dipasang terpisah, biasanya neon box jenis ini didesain dengan totalitas. Agar manfaat yang didapatkan semakin maksimal.

  • Tempel Tembok

Neon box ini dipasang menempel pada tembok. Ukurannya pun bervariasi, tergantung kebutuhan. Walaupun ditempel di tembok, tidak jarang ukuran yang dipasang adalah ukuran yang besar. Selain sebagai penunjuk identitas, neon box berukuran besar bisa menjadi dekorasi yang menghias bangunan.

  • Gantung

Neon box yang dipaku pada tembok dan dipasang menggantung biasanya berjenis double sided. Artinya, neon box berfungsi sebagai penunjuk identitas yang dibaca dari dua arah yang berlawanan.

Neon box jenis ini didesain totalitas sebagaimana neon box yang diletakkan pada tiang. Hanya saja, ukuran yang digunakan relatif kecil. Fungsinya juga biasanya hanya berkisar memberi petunjuk arah brand yang bersangkutan.

Neon box adalah salah satu pilihan cerdas untuk mengiklankan brand dan produk. Bagaimana Cara Membuat Neon Box bisa dibedakan berdasarkan bahan material covernya. Jika Anda tertarik dan ingin mendapatkan neon box, segera hubungi Pioner Laser melalui Whatsapp di 0812 9083 3335 serta email ke info@pionerlaser.com untuk mendapatkan penawaran yang terbaik.

Memperhatikan kekurangan dan kelebihan bahan akan membuat perencanaan anggaran semakin mudah. Pilih bahan yang paling cocok dan pertahankan dengan menjaga kualitas brand.

5/5 - (3 votes)

Write a Comment

×