Harga Huruf Timbul Bahan Kuningan

Harga Huruf Timbul Bahan Kuningan – Huruf timbul saat ini sudah banyak dipilih untuk bahan promosi atau pengenalan sebuah tempat yang paling populer. Selain modelnya yang estetik dan besar, huruf timbul ini memiliki sisi keawetan yang cukup baik untuk investasi jangka panjang.

Salah satu bahan yang banyak digunakan untuk pembuatan huruf timbul ini adalah kuningan. Bahan kuningan dipilih karena strukturnya yang tebal dan juga sangat elegan untuk dipandang.

Harga Huruf Timbul Bahan Kuningan

Material dan Harga Huruf Timbul Bahan Kuningan

Secara umum bahan pembuatan dari huruf timbul ini sangat beragam mulai dari Galvanis, Akrilik, Stainless Steal dan juga kuningan. Untuk membuat benda dalam wujud tiga dimensi ini juga memerlukan kriteria tersendiri mengenai bahan yang digunakan. Pemesan bisa memilih bahan sesuai dengan tujuan pemasangannya.

Kuningan sendiri merupakan bahan yang cukup mewah dan harganya juga cenderung lebih mahal dibandingkan bahan jenis lainnya. Maka tak heran jika bahan yang ada di laman harga huruf timbul bahan kuningan terbaik ini menjadi primadona para pemesannya. Sesuai dengan namanya, struktur dari bahan kuningan ini memiliki warna kuning keemasan yang menawan.

Ada juga yang menyebutnya dengan nama bahan tembaga. Warna kilauannya memang mirip dengan emas namun jika dilihat secara detail masih ada perbedaannya. Untuk warna emas asli warnanya akan murni atau lebih jernih tanpa ada campurannya. Sementara untuk kuningan ini warnanya cenderung kuning kecokelatan.

Bahan kuningan atau tembaga ini juga sebenarnya sudah banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari selain digunakan untuk pembuatan huruf timbul. Seperti halnya untuk keperluan pembuatan penghantar listrik atau pembuat kabel dan juga penyusun teks dalam bentuk 3D. Untuk sisi kekuatan kuningan memiliki tingkatan yang lebih baik dibandingkan besi biasa.

Bahkan untuk tingkat kelembaban yang pas bahan ini mampu bertahan dari karat. Hanya saja jika tingkat kelembaban yang diberikan terlalu banyak maka akan mengubah warna aslinya menjadi ada sedikit gradasi yang mengganggu. Bercak gradasi ini memiliki warna hijau dan memudarkan warna asli kecokelatannya.

Namun untuk mencobanya Anda tidak perlu khawatir karena gradasi warna hijau ini bisa dihilangkan dengan mudah menggunakan cairan untuk mengkilapkan logam. Setelah dirawat menggunakan cairan ini maka warna kecokelatan emasnya akan muncul kembali. Memang diperlukan perawatan yang sering untuk menjaga warna dan keawetannya.

Anda perlu memikirkan biaya tambahan yang akan digunakan untuk merawat huruf timbul dari kuningan ini sebagai investasi jangka panjang. Terlebih jika berniat untuk meletakkannya pada tempat yang sering terkena hujan dan panas. Perubahan cuaca yang ekstrem ini tentunya akan memberi dampak tersendiri untuk kekuatannya.

Namun perlu diketahui kuningan ini memiliki nilai estetika yang tidak bisa digantikan dengan bahan jenis lainnya. Warna kilauannya yang hampir mirip dengan emas membuat pembawaan nama tulisan dari huruf timbulnya terlihat sangat mengesankan. Kesan mewah dan elegan akan tersisa di dalamnya dibandingkan menggunakan warna lain untuk menaikkan level sebuah identitas.

Anda bisa memesan bahan kuningan untuk huruf timbul melalui laman harga huruf timbul bahan kuningan murah. Penentuan ukuran dan juga peletakan yang pas juga sangat mendukung untuk keberhasilan proses promosi menggunakan huruf timbul ini. Peletakan yang tepat juga bisa menunjang tingkat keawetan dari bahan kuningan yang digunakan.

Langkah Pembuatan Huruf Timbul dari Kuningan 

Bahan kuningan ini memiliki bentuk awal berupa lembaran, sehingga untuk menyulapnya menjadi bentuk tiga dimensi diperlukan beberapa langkah. Jadi tembaga yang digunakan bukan yang bentuk cair namun yang sudah berwujud lembaran. Layaknya membuat bangun ruang, lembaran ini nantinya akan disulap menjadi jaring-jaring pembentuk hurufnya.

Adapun langkah yang diperlukan untuk membuat huruf timbul dari bahan kuningan bisa dilihat di bawah ini:

  • Menentukan ukuran huruf

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan ukuran huruf yang akan dibuat menggunakan bahan tembaga tersebut. Ukuran huruf ini biasa juga disebut dengan mal. Mal ini adalah layout dari ukuran huruf yang harus pas dan sama dengan ukuran huruf aslinya nanti.

Untuk membantu menentukan ukurannya Anda bisa menggunakan bantuan software editing foto seperti Corel Draw atau Photoshop. Namun jika tidak ada software mendukung aplikasi lain juga bisa digunakan yakni untuk fungsi pengetikan seperti Microsoft Word.

Hanya saja jika tidak menggunakan aplikasi yang berguna untuk editing sebuah foto tentu akan kesulitan dalam mengatur layout dan ruang atau bidang untuk tulisannya. Setelah selesai mengedit maka dilanjutkan dengan print out file yang telah dibuat tersebut.

Print saja menggunakan kertas HVS untuk masing-masing huruf yang sudah dibuat sesuai banyaknya huruf untuk tulisan yang dibutuhkan. Kemudian bisa disambungkan secara manual setelah semua selesai dicetak.

  • Tempel huruf ke lembaran tembaga

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk pembuatan huruf timbul ini adalah menempel huruf yang sudah dicetak ke lembaran tembaga. Jejer saja secara runtut untuk memanfaatkan ruang lembaran tembaga yang disiapkan. Lanjutkan dengan proses pemotongan dengan model presisi.

Hasil yang didapat dari proses pemotongan pertama ini tentu hanya berupa lempengan huruf biasa dan belum timbul. Proses pembuatan sampai menjadikannya huruf timbul memerlukan list pada bagian pinggir huruf yang masih datar ini. Biasanya pada laman harga huruf timbul bahan kuningan online memakai ukuran sekat 5 cm untuk membuat ketebalannya.

Setiap lempengan bahan yang digunakan nantinya akan dipotong secara memanjang dan dibagi menjadi per 5 cm sesuai banyaknya huruf dalam tulisan. Kemudian dilanjutkan dengan proses pelekukan yang dibantu dengan alat seperti bor. Alat ini memiliki fungsi untuk membuat sudut benar-benar rapi.

  • Penyatuan

Langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah mengampelas masing-masing tepian dari potongan yang sudah dibuat. Kemudian dipotong agar bisa disambungkan satu dengan lainnya. Proses ini menggunakan alat patri yang sederhana saja. Yakni memanfaatkan bara atau listrik kemudian direkatkan menggunakan timah.

Proses ini memerlukan ketelitian untuk mendapatkan posisi yang klop dan tidak boleh miring sedikit pun. Pematrian yang digunakan bisa pada beberapa sisi saja ada juga yang menyeluruh. Proses ini mempengaruhi kuat tidaknya sebuah huruf timbul yang digunakan.

Hanya saja untuk beberapa jenis huruf memang diperlukan proses pematrian berulang atau menyeluruh untuk memastikan setiap sisinya tersambung dengan sempurna. Apalagi yang modelnya rumit dan tidak ada sambungannya.

  • Penyempurnaan

Tibalah proses yang terakhir yakni penyempurnaan. Dalam proses ini pengecekan secara keseluruhan akan dilakukan untuk memastikan setiap bagian merekat dengan baik. Pengecekan juga dilakukan untuk melihat bagian yang penyok atau kurang sempurna.

Setelah dirasa semua hal yang ada sudah pas maka bisa dilanjut pada tahap berikutnya. Tahap terakhir ini berupa pengolesan untuk menampilkan huruf timbul yang mengkilap dan siap diantar kepada pemesannya untuk dipasang.

Untuk hasil huruf timbul yang lebih sempurna, silahkan cari jasa buat huruf timbul berpengalaman dan berkualitas. Salah satunya Pioner Laser yang turut menawarkan harga huruf timbul bahan kuningan yang kompetitif. Hubungi kami di 0812 9083 3335 atau email ke info@pionerlaser.com untuk info lebih lanjut.

Write a Comment