Huruf Timbul Lampu

Huruf Timbul Lampu – Saat ini, penggunaan huruf timbul dengan lampu semakin populer dan banyak diminati di kalangan masyarakat. Pasalnya, penggunaan huruf timbul tersebut jauh lebih efektif sebagai media mengenalkan identitas dari suatu tempat atau brand usaha. Bahkan masih banyak keunggulan lain yang membuatnya sangat direkomendasikan untuk para pelaku usaha.

Huruf Timbul Lampu

Keunggulan Huruf Timbul Lampu dan Pembuatannya

  • Media Promosi

Salah satu keunggulan dari penggunaan huruf timbul dengan lampu ialah sebagai media promosi. Hal tersebut menunjukkan bahwa huruf timbul memang bukan semata-mata jejeran huruf yang dirangkai dan dipasang pada suatu tempat, tanpa memiliki tujuan tertentu. Justru keberadaannya menampilkan informasi penting mengenai barang ataupun jasa agar diketahui oleh banyak orang.

Semakin banyak orang yang melihat keberadaan huruf timbul maka semakin banyak juga orang yang mengetahui sekaligus tertarik terhadap barang dan jasa tersebut. Apalagi pemasangan huruf timbul tersebut sudah dilengkapi lampu yang membuatnya tetap fungsional di malam hari. Tidak heran, penggunaannya disarankan bagi para pelaku usaha yang ingin meningkatkan penghasilan.

  • Membangun Branding

Setiap pelaku usaha tentu ingin membangun sebuah branding agar usaha yang ditekuni semakin dikenal oleh banyak orang, termasuk target pasar. Sebagai media promosi yang efektif, tentunya huruf timbul dengan lampu sangat cocok digunakan untuk membangun branding. Di mana logo dan nama perusahaan ditampilkan melalui huruf timbul sehingga jangkauannya semakin luas.

  • Meningkatkan Citra Perusahaan dan Brand Usaha

Sebuah usaha yang sudah dikenal oleh banyak orang tentu tidak hanya berhasil memperkenalkan brand usaha, tetapi juga meningkatkan citra dari perusahaan yang bersangkutan. Tidak heran jika penggunaan huruf timbul sering kali menjadi indikator untuk menilai suatu perusahaan. Dengan begitu, sangat disarankan bagi perusahaan untuk menggunakan huruf timbul lampu berkualitas.

  • Tampilan Jauh Lebih Menarik

Keunggulan lainnya, huruf timbul dengan lampu memiliki tampilan yang jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan media promosi lainnya. Untuk itu, penggunaannya disarankan bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil maksimal, baik untuk tujuan komersial maupun non komersial. Yang mana kesan menarik tersebut akan memberikan pengaruh positif terhadap usaha dan perusahaan.

Penggunaan huruf timbul dengan lampu akan menyita perhatian sekaligus menaikkan penilaian banyak orang terhadap brand usaha dan perusahaan. Sebab, keberadaannya dapat menjadi bagian dari dekorasi gedung yang membuat tampilan secara keseluruhan semakin menarik. Itu artinya, keberadaan huruf timbul dengan lampu tersebut sangat berguna untuk menambah nilai estetika.

Cara Membuat Huruf Timbul dengan Lampu yang Benar

  • Merangkai Lampu LED

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam membuat huruf timbul dengan lampu ialah merangkai lampu LED. Caranya mudah, Anda hanya perlu menyediakan peralatan lengkap beserta lampu LED warna biru dan merah yang masing-masing berjumlah 4 buah. Setelah itu, rangkai lampu tersebut membentuk rangkaian paralel sesuai dengan ukuran panjang material yang digunakan.

  • Mengukir Permukaan Material

Langkah berikutnya, siapkan gerinda mini yang dapat digunakan untuk proses pengukiran. Alat tersebut dapat Anda buat secara mandiri dan manual dengan menggunakan dinamo yang terdapat pada bekas mobil mainan sehingga lebih hemat biaya pengeluaran. Dalam proses pembuatannya, pastikan pada bagian ujung dinamo tersebut sudah dipasangkan mata gerinda mini atau ampelas.

Sebelum proses pengukiran, tidak ada salahnya Anda membuat pola atau gambar terlebih dahulu pada bagian permukaan material, misalnya menggunakan spidol. Hal tersebut penting dilakukan untuk memudahkan proses menggerinda material huruf timbul lampu tidak melenceng jauh. Jika pola atau gambar tersebut sudah siap maka proses pengukiran permukaan material dapat dimulai.

  • Merekatkan Lampu LED

Setelah proses menggerinda selesai, maka langkah selanjutnya merekat lampu LED menggunakan kayu atau tripleks sebagai dudukan dari material. Dalam hal ini, Anda dapat memakai lem tembak atau bahan lainnya yang memiliki daya rekat agar mampu merekatkan lampu tersebut. Pastikan Anda melakukannya dengan sebaik mungkin agar lampu tersebut tidak mudah jatuh dan terlepas.

  • Memasang Rangkaian Lampu LED ke Driver Lampu

Setelah perekatan lampu LED selesai, langkah selanjutnya memasang rangkaian lampu tersebut ke driver lampu. Driver lampu termasuk rangkaian elektronik yang keberadaannya tidak terlalu sulit untuk dicari karena biasanya dijual di toko online maupun toko elektronik terdekat. Dengan begitu, Anda dapat mengunjungi toko elektronik terdekat ataupun memesannya di toko online.

Namun perlu diingat, Anda tidak perlu membeli driver lampu yang memiliki harga terlalu mahal karena driver sederhana sudah cukup. Bahkan sangat disarankan bagi Anda untuk merakitnya secara mandiri sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya alias lebih hemat. Menariknya lagi, Anda juga dapat memastikan hasil rakitan driver lampu tersebut sesuai dengan keinginan.

  • Menyambungkan Adaptor dengan Lampu 

Setelah rangkaian lampu LED terpasang rapi, langkah terakhir yang tidak boleh terlewatkan ialah menyambungkan adaptor dengan rangkaian driver lampu tersebut. Jika Anda menggunakan driver elektronik berwarna biru dan merah maka secara otomatis akan berganti warna. Namun, Anda juga dapat mengembangkan huruf timbul lampu terbaik sesuai fungsi dan kebutuhan.

Cara Merawat Huruf Timbul Tetap Berkilau dan Awet

  • Membersihkan Secara Berkala

Salah satu cara merawat huruf timbul dengan lampu agar kondisinya tetap bersih dan berkilau, serta awet ialah melakukan pembersihan secara berkala. Pembersihan tersebut penting dilakukan karena terbukti berguna untuk mempertahankan penampilan sekaligus masa pakainya. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan sehelai kain lembut, lalu basahi kain tersebut dengan air sabun.

Perlu diperhatikan, hindari penggunaan bahan dengan kandungan kimia yang kuat karena dapat menyebabkan kerusakan pada lampu. Bahkan penggunaannya berpotensi merusak dan mengikis lapisan pelindung ataupun cat pada huruf-hurufnya. Selain itu, pastikan juga tidak menggosok huruf timbul tersebut dengan sangat keras yang justru dapat merusak permukaan huruf-hurufnya.

Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda menggunakan kain lembut atau spons dalam melakukan pembersihan. Gunakan pembersih khusus yang dapat membantu dan memudahkan Anda dalam menghilangkan noda ataupun kotoran yang membandel. Dengan begitu, tentunya kondisi huruf timbul tersebut dapat dipastikan selalu bersih dan berkilau, serta pemakaiannya lebih tahan lama.

  • Lindungi Dari Kerusakan Fisik

Tidak dipungkiri, huruf timbul dengan lampu yang ditempatkan di dalam maupun luar ruangan sering kali mengalami kerusakan secara fisik akibat goresan, benturan, dan tumbukan. Kerusakan tersebut tentunya perlu diminimalisir agar keberadaan huruf timbul tetap fungsional. Untuk itu, pentingnya bagi Anda memastikan penempatannya berada di lokasi yang aman dan terlindungi.

Bahkan sejak pemasangan awal, Anda dapat menggunakan penutup untuk melindunginya dari risiko kerusakan secara fisik. Pelindung tersebut dapat terbuat dari kaca, plastik, mika ataupun bahan lainnya yang mampu memberikan ketahanan ekstra. Selain terlindungi, Anda juga tidak perlu khawatir mengenai masa pakainya karena dapat dipastikan huruf timbul lampu tahan lama.

  • Cek Koneksi Kabel

Huruf timbul dengan lampu yang biasanya dihubungkan melalui kabel maka penting untuk selalu diperiksa koneksinya. Hal tersebut berguna untuk memastikan huruf timbul sekaligus arus listrik terhubung dengan baik dan benar. Untuk itu, pastikan kabelnya terpasang di area yang aman dan jauh dari genangan air ataupun kelembapan tinggi agar terhindar dari kerusakan besar dan parah.

  • Perhatikan Kondisi Lampu

Selain koneksi kabel, perhatikan juga kondisi lampu huruf timbul masih berwarna dan berfungsi. Sebab, seiring berjalan waktu tentunya warna lampu tersebut akan semakin memudar dan tidak lagi fungsional alias mati. Jika memang terjadi kerusakan maka segera lakukan perbaikan atau menggantinya dengan lampu yang sesuai jenis huruf beserta kapasitas daya listrik yang tersedia.

  • Periksa Lapisan Pelindung

Jika huruf timbul dengan lampu menggunakan lapisan pelindung maka periksa lapisan tersebut secara teratur atau berkala. Pemeriksaan tersebut penting dilakukan untuk memastikan kondisi lapisannya masih baik dan tidak aus. Jika lapisan pelindung tersebut sudah mengalami kerusakan dan mengelupas maka segera lakukan perbaikan agar ketahanan huruf timbul tetap terlindungi.

  • Gunakan Perawatan Khusus

Menariknya lagi, kini sudah banyak tersedia jasa perawatan khusus yang dapat membantu Anda membersihkan dan melindungi huruf timbul dengan lampu. Apalagi produk perawatan tersebut sudah pasti lebih efektif dalam membersihkan sekaligus melindungi huruf timbul dibandingkan perawatan biasa. Tidak heran jika penggunaannya sangat disarankan sebagai perawatan terbaik.

Namun, pastikan terlebih dahulu produk perawatan yang digunakan tersebut sesuai dengan jenis huruf beserta bahan pelindungnya. Selain itu, pastikan juga selalu mengikuti petunjuk atau cara penggunaannya dengan benar yang biasanya terdapat pada kemasan produk. Jangan memilih dan menggunakan produk yang sudah tidak direkomendasikan dan tidak sesuai untuk setiap jenisnya.

  • Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Cara merawat huruf timbul lampu berikutnya agar tetap terlihat berkilau dan awet ialah hindari penggunaannya dari paparan sinar matahari langsung. Hal tersebut bertujuan agar penggunaan huruf timbul tersebut tidak cepat memudar dan kehilangan warnanya. Untuk itu, pastikan huruf timbul tersebut tidak dipasang tepat di bawah sinar matahari, tetapi di tempat-tempat yang teduh.

  • Hindari Cuaca Ekstrem

Selain terhindar dari paparan sinar matahari, pastikan juga huruf timbul dengan lampu terhindar dari cuaca yang ekstrem, seperti salju, hujan, dan sebagainya. Hal tersebut penting dan berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan maupun warna yang memudar. Jika huruf timbul tersebut harus dipasang di luar ruangan, gunakan pelindung yang dapat mempertahankan masa pakainya.

  • Periksa Bagian-Bagian Mekanis

Biasanya jenis huruf timbul dengan lampu tertentu memiliki bagian mekanis, seperti motor atau penggerak huruf-hurufnya. Pastikan bahwa bagian-bagian mekanisnya tersebut selalu berfungsi dengan baik. Jika pada suatu kondisi mengalami kerusakan maka segera lakukan perbaikan dan menggantinya. Hal tersebut penting dilakukan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

  • Lakukan Perawatan Rutin

Jika semua perawatan huruf timbul dengan lampu sudah dilakukan, pastikan perawatan tersebut dilakukan secara rutin. Hal tersebut bertujuan untuk mempertahankan penampilan huruf timbul sekaligus masa pakainya. Dalam hal ini, Anda dapat membuat agenda atau jadwal perawatannya secara rutin, seperti meluangkan waktu dalam satu hari untuk melakukan berbagai treatment.

Jadwal perawatan tersebut dapat Anda terapkan dalam seminggu sekali ataupun sebulan sekali. Sementara untuk prosedur perawatannya dapat dimulai dari pembersihan huruf-hurufnya hingga memeriksa kondisi lampu. Hal tersebut berguna untuk memastikan kondisi huruf timbul dengan lampu secara keseluruhan masih tetap berkilau dan awet dalam jangka waktu yang panjang.

Demikianlah informasi mengenai keunggulan dan cara membuat huruf timbul lampu beserta perawatannya. Melalui informasi tersebut tentunya Anda akan lebih mudah memilih huruf timbul dengan lampu yang terbaik dan berkualitas. Pastikan Anda memilih huruf timbul dengan lampu yang memiliki beberapa keunggulan tersebut agar penggunaannya lebih efektif dan efisien. Jika ingin tahu untuk harga pemasangan dan pembuatannya dapat menghubungi Pioner Laser di 0812 9083 3335 atau email ke info@pionerlaser.com.

5/5 - (5 votes)

Write a Comment

× WhatsApp