Jasa Huruf Timbul Taman

Jasa Huruf Timbul Taman – Biasanya papan nama atau huruf timbul dibuat dari bahan akrilik, tapi untuk kebutuhan tertentu ternyata ada yang dibuat dari semen. Bahkan papan dekorasi suatu acara seperti pernikahan/peresmian biasanya menggunakan bahan styrofoam. Banyak sekali jenis bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat huruf timbul tersebut.

Namun kini ada pembuatan huruf timbul yang dibuat dari semen, yang bisa diaplikasikan untuk huruf timbul taman. Bahan semen tentunya memiliki bobot yang lebih berat jika dibuat huruf timbul, tapi ada beberapa cara tepat untuk mengakalinya. Anda bisa memanfaatkan bahan campuran lainnya yang membuat bobotnya lebih ringan.

Jasa Huruf Timbul Taman

Jasa Huruf Timbul Taman dan Membuat Huruf Timbul dari Semen Beton

  • Bahan Serbuk Kayu Halus

Jenis bahan pertama yang bisa dimanfaatkan untuk membuat huruf timbul yang dicampur dengan semen adalah serbuk kayu. Serbuk kayu bisa Anda peroleh di tempat-tempat usaha pengerutan kayu. Misalnya jasa pembuatan jendela, pintu, ataupun kusen.

Anda bisa membelinya atau jika diizinkan meminta sisa serbuk kayu halus yang bekas. Daripada harus dibuang akan lebih baik jika dimanfaatkan untuk membuat huruf timbul sebagai bahan campurannya. Kalaupun harus membelinya harga serbuk kayu halus ini juga masih terjangkau.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mencampurkan serbuk kayu dengan semen dan pasir, lalu aduk sampai merata. Perbandingan masing-masing bahan ini kurang lebih 2 : 2 : 1 untuk serbuk kayu, pasir halus, lalu semen. Setelah semuanya tercampur rata barulah Anda bisa mencampurkannya dengan air.

  • Bubur Kertas Tisu

Bubur kertas tisu akan tercampur dengan baik jika dicampurkan dengan adukan beton, karena sifatnya halus. Yang nantinya akan memungkinkan penyebaran bahan yang lebih luas pada bahan pasir dan semen.

Namun untuk menggunakan bubur kertas tisu ini biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal dibandingkan menggunakan serbuk kayu halus. Tapi cara menggabungkan seluruh bahan tersebut tidak memerlukan proses lama. Anda hanya perlu merendamnya dengan menggunakan wadah berisi air lalu hancurkan dengan tangan.

Jika ingin hasil yang lebih optimal, bisa menggunakan blender saja agar hasilnya benar-benar halus dan merata. Perbandingan bahannya yaitu 3:2:1 dengan bahan bubur kertas, pasir, kemudian semen. Sedangkan untuk jumlah airnya sesuaikan saja dengan banyaknya bahan yang Anda gunakan.

  • Styrofoam / Gabus

Bahan styrofoam atau gabus juga menjadi salah satu bahan yang pas untuk campuran semen dalam membuat huruf timbul. Yang tujuannya adalah untuk meringankan bobot dari huruf timbul tersebut setelah selesai dibuat. Banyak juga industri rumah tangga yang menggunakan limbah styrofoam untuk campuran bata ringan.

Tak hanya menyelamatkan lingkungan saja tapi dengan begitu maka Anda ikut membantu program daur ulang sampah/limbah. Cara pencampuran bahannya adalah dengan menggunakan alat khusus untuk memarut gabus. Alatnya agak mirip dengan gerinda atau alat untuk mengasah batu akik.

Namun bagian piringannya lebih kasar dan juga lebih besar. Setelah menggunakan alat khusus ini maka semua bahan akan tercampur dengan mudah.

  • Serbuk Kulit Kelapa Halus

Serabut kelapa yang halus biasanya juga memiliki massa yang jauh lebih ringan dari bahan serbuk kayu. Karena bahan ini mengandung bahan yang mirip dengan busa, tapi kemungkinan besar memang sulit diperoleh. Namun jenis serbuk kulit kelapa ini menjadi campuran yang bagus dengan bahan semen.

Dan menjadi bahan yang paling tepat dalam membuat huruf timbul yang bagus dan berkualitas, seperti huruf timbul taman misalnya. Cara membuat dengan takaran perbandingannya kurang lebih sama dengan cara dan perbandingan pada serbuk kayu halus.

  • Bubur Kertas Koran atau Kardus Bekas

Bahan bubur kertas koran ini kurang lebih sama dengan bubur kertas tisu. Bahannya pun mudah diperoleh, tapi proses menghancurkan bahannya agak lebih sulit dari bubur kertas tisu. Karena Anda harus merendam kertas koran atau kardus terlebih dulu semalaman penuh.

Supaya bahannya mudah dihancurkan dan hasil teksturnya benar-benar seperti bubur. Apabila jenis bahannya tidak terlalu banyak maka bisa juga gunakan blender. Dalam proses mengaduk bahan-bahannya maka gunakan saja perbandingan yang sama dengan bubur kertas tisu.

Beberapa jasa huruf timbul taman awet dan tahan lama, menggunakan campuran ini untuk membuat huruf timbul campuran semen.

  • Foaming Agent

Cairan kimia yang khusus digunakan untuk membuat bata ringan dengan skala besar. Tapi cara membuat dan prosesnya agak rumit serta memerlukan alat/mesin yang khusus, misalnya foaming agen generator. Namun Anda bisa mengubah cairan kimia menjadi bahan busa yang nantinya bisa dicampurkan dengan bahan semen.

Misalnya dengan menggunakan alat seperti mixer pembuat kue. Bisa juga menggunakan alat bor tangan dengan besi cor yang bagian ujungnya dibentuk menjadi spiral. Cairan kimia foaming agent ini juga dapat dicampurkan dengan air setelah bahan pasir dan semen tercampur merata.

Tips Membuat Huruf Timbul yang Tahan Lama dan Awet

Huruf timbul yang sudah dibuat tentu tidak bisa dipasang secara asal dan begitu saja. Huruf timbul juga bisa menjadi semakin kotor dan kusam jika dibiarkan tanpa dirawat. Apalagi jika huruf timbul ini dipasang di luar ruangan yang sering terkena panas/hujan.

Dalam memastikan huruf timbul yang Anda pesan selalu awet dan tampilannya selalu mencolok, maka rawatlah dengan baik. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam merawat huruf timbul agar awet dan juga tahan lama seperti berikut ini:

  • Sering Dibersihkan

Tips paling mudah dan paling pertama dalam merawat huruf timbul adalah, sering membersihkannya. Tujuannya adalah untuk menjaga huruf timbul dari kelembapan dan juga dari debu dan kotoran. Bersihkan huruf timbul dengan menggunakan kain yang kering agar selalu bersih dari kotoran yang menempel.

Lakukan pembersihan dengan ringan ini setiap hari di pagi dan sore hari. Di bagian luarnya cuci dengan menggunakan kain basah kemudian keringkan dengan lap kering. Cara ini sangat efektif dalam membersihkan kotoran dari luar.

Maka huruf timbul yang Anda pesan di jasa huruf timbul taman menyala, akan lebih awet jika Anda rajin membersihkannya.

  • Melakukan Pemolesan dengan Menggunakan Alat Khusus

Cara kedua yaitu dengan memoles huruf timbul menggunakan alat khusus seperti adanya noda membandel atau karat. Lakukan pemolesan ini dengan alat yang khusus supaya tampilan huruf timbul kembali mengkilap. Jika tidak ada alatnya Anda bisa menggunakan jasa khusus dalam pembersihan tersebut.

  • Menggunakan Bahan Pembersih Supaya Mengkilap

Untuk huruf timbul yang dibuat dari bahan besi yang mengkilap atau dari bahan kuningan, gunakan saja bahan pembersih misalnya wax. Wax inilah yang akan membantu membuat huruf timbul agar kilau huruf timbulnya selalu terjaga. Huruf timbul yang menggunakan lapisan chrome bisa mengecat ulang supaya warnanya kembali bersinar.

Dengan menggunakan jasa huruf timbul taman dari berbagai bahan, maka tampilan taman akan semakin cantik dan menarik. Anda bisa memesan berbagai produk huruf timbul di Pioner Laser yang menyediakan produk untuk reklame, advertising dan sebagainya. Hubungi saja kami di 0812 9083 3335/ email ke info@pionerlaser.com.

5/5 - (6 votes)

Write a Comment

× WhatsApp