Neon Box Dari Baja Ringan

Neon Box Dari Baja Ringan – Teknik pemasaran yang tidak perlu banyak usaha adalah menggunakan reklame yang dipasang di depan tempat usaha. Salah satu bentuknya adalah neon box. Media ini berfungsi mengenalkan brand maupun produk yang dijual.

Neon Box Dari Baja Ringan

Langkah Membuat Sendiri Neon Box Dari Baja Ringan

  • Kerangka

Tertarik menggunakan media promosi satu ini, membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Dimulai dari pembuatan kerangka neon box.

Banyak pilihan bahan dasar pembuatan kerangka neon box. Namun, bahan paling bagus kualitasnya adalah dari baja ringan. Material satu ini lebih kokoh dan tahan lama. Sehingga, neon box dapat beroperasi dengan optimal.

Ukur bahan baja ringan yang akan digunakan sebagai kerangka neon box sesuai kebutuhan. Jika tidak bisa memotong sendiri, biasanya toko penyedia baja ringan bersedia memotong dan mengerjakan kerangka untuk neon box sesuai permintaan.

  • Tampilan

Material yang biasa digunakan untuk tampilan neon box ada tiga macam. Akrilik, vinyl atau flexy, dan duratrans. Bahan yang paling terjangkau adalah vinyl. Bahan ini juga mudah diganti apabila butuh perubahan cepat pada tampilan neon box.

Jika ingin neon box yang kokoh dan awet, bahan yang direkomendasikan adalah akrilik. Akrilik terbagi menjadi beberapa level berdasarkan kualitas dan ketebalannya. Warna yang ditawarkan pun bermacam-macam.

Akrilik yang paling sering digunakan sebagai bahan neon box adalah akrilik susu. Material jenis ini bekerja dengan sangat baik dalam memantulkan cahaya lampu. Sehingga, desain tampilan menjadi lebih mencolok. Untuk ketebalannya, bisa memilih akrilik dengan ketebalan 2mm atau 3mm.

Membuat neon box dari baja ringan dengan perpaduan material akrilik sebagai tampilannya sangat direkomendasikan. Sebab, hasil akhirnya akan berkualitas tinggi dan tahan lama.

  • Sticker

Sticker berfungsi sebagai desain tulisan atau gambar yang akan dipasang pada tampilan neon box. Ada beberapa jenis sticker berdasarkan merk dan kualitasnya. Jenis yang paling umum dipakai dengan kualitas yang cukup baik adalah Oracal 8100 dan 8500. Dua sticker ini bersifat bening dan dapat ditembus cahaya.

Jika tidak memiliki masalah pada anggaran, pilih sticker yang variasi warnanya lebih beragam. Dengan begitu, bisa lebih bebas berkreasi dalam membuat desain tampilan neon box. Selain itu, sticker dengan kualitas baik cenderung lebih tahan lama.

Sticker dapat dibeli di toko penyedia sticker online maupun offline. Sticker dapat dibeli eceran dengan warna dan ukuran sesuai kebutuhan jika ingin lebih hemat.

  • Potong Sticker

Pemotongan sticker dilakukan oleh jasa potong sticker yang ahli. Sebab, neon box adalah media promosi yang diharapkan dapat berfungsi dalam jangka waktu yang panjang. Jika dilakukan sembarangan, hasilnya rentan tidak sesuai dengan desain dan akan mudah rusak.

Apabila menggunakan jasa potong sticker, sebaiknya sekaligus pakai jasa mereka untuk memasang sticker pada tampilan neon box. Teknik memasang sticker perlu keahlian khusus agar hasilnya rapi dan bagus.

Harga jasa potong sticker bervariasi, tergantung dengan tingkat kesulitan desain. Ditambah lagi dengan jasa pasangnya. Tidak perlu khawatir, menyerahkan pada tenaga ahli justru membuat neon box berfungsi dengan optimal.

  • Lampu

Elemen satu ini adalah elemen yang menjadikan neon box unik. Dengan adanya lampu, tampilan neon box menjadi lebih menonjol dan mudah dilihat bahkan ketika malam hari dan di tengah hujan deras.

Lampu yang digunakan untuk neon box bervariasi daya dan warnanya. Untuk hasil maksimal, sebaiknya gunakan warna putih. Daya yang dipilih serta banyaknya lampu disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran neon box.

Teknik pencahayaan cara membuat neon box dari baja ringan yang paling umum dipakai pada neon box adalah teknik backlite. Artinya, lampu dipasang pada bagian dalam atau belakang tampilan, sehingga tulisan dan lambang pada tampilan bisa dilihat dengan jelas.

  • Tiang

Pada umumnya, neon box dipasang pada tiang yang diletakkan di depan tempat usaha. Tiang bisa didapatkan pada jasa tukang las. Diameter tiang yang dipasang dikembalikan pada ukuran neon box. Pastikan tiang yang digunakan mampu menahan neon box.

Setelah semua bahan selesai dirakit, neon box dipasang pada tiang. Sebaiknya minta tambahan jasa pemasangan tiang pada tukang las yang bersangkutan. Pemasangan tiang juga hendaknya memperhatikan keamanan sekitar. Jangan sampai tiang menjadi pengganggu aktivitas orang yang berlalu-lalang.

Keunggulan Baja Ringan Untuk Kerangka Neon Box

Neon box diharapkan dapat menjalankan fungsinya secara optimal dalam jangka waktu yang lama. Memilih baja ringan sebagai kerangka dapat membantu tercapainya tujuan tersebut. Secara spesifik, ada beberapa keunggulan yang dimiliki baja ringan.

  • Tahan Karat

Baja ringan terbuat dari bahan baja dengan lapisan alumiunium sehingga membuat material ini tahan dari karat. Pergesekan oksigen dan logam besi biasanya cenderung mengundang korosi. Namun dengan tambahan lapisan aluminium, korosi dapat dicegah.

Apabila kerangka neon box rawan karat, dikhawatirkan usia neon box tidak bisa bertahan lama. Jika neon box rusak dan tidak dapat dimanfaatkan fungsinya, maka akan terjadi kerugian karena absennya media promosi usaha yang bersangkutan.

  • Anti Rayap

Materialnya yang cenderung licin dan dingin membuat bahan ini enggan didatangi rayap. Serangan hama tersebut biasanya menghinggapi material yang cenderung lunak dan memiliki bau khas. Namun, baja ringan tidak memiliki itu. Sehingga, rayap atau serangga lainnya tidak tertarik untuk singgah.

Oleh sebab itu, material kayu kurang direkomendasikan sebagai kerangka neon box jangka panjang. Sebab, material ini rentan didatangi rayap dan membuat neon box jadi rapuh. Maka dari itu harga neon box dari baja ringan relatif lebih mahal karena sangat awet.

  • Anti Lumut dan Jamur

Material baja ringan terbuat dari besi yang padat, namun massanya lebih ringan. Sebagaimana besi pada umumnya, material tersebut relatif aman dari serangan lumut dan jamur.

Selain menimbulkan bau tak sedap, lumut dan jamur berpotensi merusak neon box. Terutama neon box yang dipasang di ruangan yang agak lembab seperti misalnya di dalam pusat perbelanjaan atau toko ber-AC.

Jamur dan lumur sering muncul di area yang lembap dan tertutup. Karena itu, material baja ringan menjadi pilihan terbaik sebagai kerangka neon box.

  • Kokoh di Segala Cuaca

Neon box yang dipasang di luar ruangan akan berhadapan dengan berbagai jenis cuaca ekstrem, Mulai dari panas menyengat hingga hujan deras beserta angin kencang.

Kerangka yang kokoh akan membantu neon box terus bertahan bahkan di tengah cuaca ekstrem tersebut. Salah satu material kerangka yang dapat diandalkan untuk kondisi itu adalah baja ringan.

Material baja ringan memiliki tekstur padat dan kokoh, tetapi cukup ringan sehingga tidak memberatkan ketika dipasang di area yang tinggi. Tidak heran jika banyak yang menggunakan material ini meski harus merogoh kocek lebih dalam. Daya tahannya yang awet membuat biaya perawatan neon box dapat dikurangi.

Meskipun harganya tidak murah, tetap menjadi pilihan banyak usaha. Sebab, daya ketahananya dinilai lebih baik dibandingkan menggunakan material lainnya. Untuk mengurangi biayanya bisa dengan membuat sendiri neon box.

Namun, jika ingin hasil terbaik, serahkan pada jasa pembuatan neon box yang profesional. Jika Anda tertarik dan ingin mendapatkan neon box dari baja ringan, segera hubungi Pioner Laser melalui Whatsapp di 0812 9083 3335 serta email ke info@pionerlaser.com untuk mendapatkan penawaran yang terbaik.

5/5 - (8 votes)

Write a Comment

×