Plang Nama Cafe

Plang Nama Cafe – Menjalankan sebuah usaha memang sangat diidamkan oleh banyak orang salah satunya dengan mendirikan cafe. Cafe yang baru dimulai maka belum dikenal oleh kalangan masyarakat. Maka dari itu cara yang paling tepat dengan membuat media promosi untuk mengenalkan dan menarik minat konsumen agar datang ke cafe.

Plang Nama Cafe

Ukuran Plang Nama Café di Pasaran

Sebelum membuat plang nama untuk cafe maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu ukuran yang nantinya akan digunakan. Ukuran yang ada ini bermacam-macam tergantung dari kebutuhan setiap lokasi cafe. Namun pada umumnya untuk pemilihan ukuran plang nama harus disesuaikan dengan jenis cafe.

Sebab cafe yang lokasinya tidak terlalu luas maka harus memperhitungkan ukuran yang nantinya akan digunakan dalam membuat plat nama. Inilah beberapa pilihan ukuran untuk papan nama yang banyak digunakan:

  • Ukuran Kecil

Ukuran pada plat nama untuk sebuah bisnis yang masih terbilang cukup kecil maka biasanya hanya membutuhkan ukuran kisaran kurang dari 1 meter untuk panjangnya. Dengan demikian hanya dapat dilihat dari jarak yang cukup dekat. Penggunaan ukuran kecil biasanya juga diterapkan pada cafe kecil yang baru buka atau memang kondisi lokasinya tidak terlalu luas.

Cafe kecil ini biasanya berada di dalam area pusat perbelanjaan ataupun kawasan perumahan. Selain itu juga pembuatan plat nama tidak hanya untuk cafe namun beberapa toko yang lainnya dan memang membutuhkan sebagai identitas.

  • Ukuran Sedang

Selain ukuran kecil juga tersedia untuk ukuran sedang yang dimulai dari ukuran 1 sampai 2 meter. Hal ini biasanya adalah pemilihan ukuran untuk plat nama yang letaknya di area pusat perbelanjaan seperti halnya ruko ataupun pasar.

  • Ukuran Besar

Pemilihan plang nama juga bisa menggunakan ukuran besar dengan ukurannya tidak ada batasan. Akan tetapi untuk penggunaan plang nama ini biasanya ukuran yang dipilih mulai dari 3 meter sampai lebih dari itu sesuai dengan kebutuhan dari cafe tersebut.

Dengan demikian bisa dikategorikan ukuran tersebut merupakan ukuran besar. Sebab pada umumnya plang nama bisa dilihat dengan jelas dari berbagai arah jalan. Sehingga siapa saja yang melihatnya akan mengenal plang nama yang telah terpasang tersebut.

Pemasangan Plang Nama Sesuai UU yang Berlaku

Dalam memasang plang nama maka pada dasarnya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku di daerah setempat. Hal ini lebih mengacu dengan melihat dasar pengenaan pajak serta biayanya yang dapat dibebankan pada pihak cafe. Terlebih nantinya harus dibayarkan sesuai dengan plang nama tersebut termasuk reklame atau bukan reklame dalam pembayaran pajak.

Maka dari itu sangat penting pemasangan plang nama cafe yang bagus ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebaiknya mengonsultasikan terlebih dahulu guna menghindari adanya risiko pelanggaran dalam pemasangan plang nama agar tidak dikenakan sanksi atas hal tersebut.

Tentunya pemasangan juga mengacu pada ukuran, jika ukurannya kecil biasanya tidak dikenakan pajak oleh daerah setempat. Berbeda halnya jika ukuran plang nama cukup besar dan terlihat dari berbagai arah maka kemungkinan besar menjadi tanggungan wajib pajak.

Perhitungan pajak harus melihat apa yang menjadi dasar dihitung dari plang nama tersebut. Ketentuannya telah diatur pada UU No. 28 Tahun 2009 Pasal 47 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dengan demikian plang nama dapat menjadi objek pajak bagi pemerintah daerah.

Besaran pembayaran biaya pajak tentunya merujuk pada ketentuan dari pemerintah daerah setempat. Sementara itu untuk perhitungannya secara umum dalam pembayaran pajak yakni luas plang nama dikali jumlah hari dikali tarif pajak dan dikali 25 persen. Dari perhitungan inilah biaya pajak pemasangan plang nama yang harus dibayarkan.

 

Cara Pengurusan Pembayaran Pajak Plang Nama

Proses pembayaran pajak ini jangan hanya mengetahui dasar UU yang berlaku saat ini. Akan tetapi bayarkan pajak sesuai dengan ketentuan dan menjadi kewajiban dari pemilik cafe. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari yang menyebabkan adanya sanksi.

Maka dari itu selalu bayarkan apa yang menjadi kewajiban dalam pembayaran pajak untuk pemasangan plang nama dari cafe yang dijalankan tersebut. Selain itu pastikanlah tidak lupa untuk melakukan perpanjangan secara berkala atas pembayaran pajak plang nama.

Apabila telat pembayaran atau tidak dibayarkan maka plang nama yang terpasang berpotensi akan dilakukan pencopotan. Terlebih pemasangan plang nama sekarang ini menjadi suatu hal yang sangat penting. Sehingga pemilihan plang nama bebas pajak bisa menjadi pilihan yang tepat apabila memang ukurannya kecil.

Namun jika tetap menggunakan ukuran besar maka bisa menggunakan jasa profesional. Dengan demikian cafe tidak hanya mendapatkan plang nama namun juga dibantu dalam pengurusan administrasi dan pajak resmi apabila bingung dalam kepengurusannya.

Pembuatan Plang Nama dari Kayu

  • Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  • Tang
  • Gergaji
  • Paku
  • Kuas
  • Amplas
  • Bor listrik
  • Pembakar kayu
  • Kertas
  • Kayu untuk huruf
  • Kayu untuk dasar
  • Paku gantungan
  • Lem kayu
  • Minyak tanah
  • Langkah Pembuatan

  • Sediakan papan kayu sebagai bahan dasar landasan huruf. Sebaiknya menggunakan jenis kayu jati, pinus atau suren sebab ada pola mencolok dari kayu tersebut. Hal ini tentunya akan membuat bahan yang digunakan memiliki efek yang terlihat dramatis. Setelah itu bisa langsung dibakar bagian pinggirnya papan kayu secukupnya saja
  • Selanjutnya sediakan juga papan kayu yang nantinya akan dipotong menjadi bentuk huruf sesuai kebutuhan. Dalam hal ini dapat memanfaatkan adanya kayu pinus ataupun kayu lame dalam membuat huruf plang nama. Langkah berikutnya dari kayu yang sebelumnya telah disediakan maka dijemur langsung di bawah sinar matahari hingga kayu kering guna memudahkan proses pemotongan
  • Lalu tentukan tulisan untuk tips membuat plang nama cafe dan gunakanlah cetakan kertas guna menuliskan huruf pada papan. Pastikanlah polanya terlihat jelas agar memudahkan dalam pemotongan
  • Sediakan gergaji kecil dan potong papan kayu sesuai pola yang telah dibuat agar terlihat lubangnya, selain itu bisa menggunakan bor agar rapi
  • Penghalusan bisa menggunakan ampelas yang ukuran kasar dan dilanjutkan ke ukuran yang halus. Gosok permukaan secara searah di semua bagiannya
  • Bersihkan terlebih dahulu permukaan kayu lalu oleskan lem di bagian belakangnya kayu untuk tempat huruf. Tempelkan huruf sesuai dengan posisinya dan lakukan untuk semua huruf tersebut
  • Biarkan saja plang nama mengering biasanya 1 sampai 2 jam. Cukup dianginkan saja dan jangan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung
  • Lakukan finishing supaya terlihat menarik. Gunakanlah pelitur guna menciptakan kesan yang lebih tradisional, otentik dan klasik. Namun apabila ingin tampilan yang modern maka bisa menggunakan cat kayu warna putih atau warna pastel
  • Di tahap terakhir tinggal memasangkan plang nama pada tempat yang telah disesuaikan. Pastikanlah pemilihan lokasi pemasangan terlihat oleh orang yang berlalu lalang sehingga mengenali lokasi cafe tersebut.

Itulah penjabaran mengenai ketentuan pembayaran pajak plang nama cafe sesuai UU yang berlaku. Jika Anda masih bingung cara buat plang nama, maka bisa konsultasikan dengan kami desain dan ukurannya. Caranya dengan menghubungi Pioner Laser di 0812 9083 3335 / email ke info@pionerlaser.com.

5/5 - (5 votes)

Write a Comment

×