Plang Nama Stiker

Plang Nama Stiker – Stiker yang dipasang pada plang nama tentunya selalu diperlukan oleh sebuah lembaga, seperti kantor pemerintah atau swasta. Pemasangan stiker di papan nama juga sangat penting, untuk menyampaikan informasi pada orang-orang yang membutuhkan. Atau setidaknya untuk orang-orang yang melewati kantor tersebut.

Jika tidak ada plang yang terpasang di gedung/bangunan, orang yang melewatinya pun tidak terlalu peduli dengan gedung A atau B. Berbeda dengan jika ada plang dan stiker yang terpasang di depan bangunannya, untuk menemukan bangunan yang dicari akan lebih mudah. Maka gunakanlah plang nama dan juga stiker sebagai pemberitahuan lokasi.

Plang Nama Stiker

Cara Membuat Plang Nama Stiker yang Benar

  • Mengetahui Ukuran Bidangnya dengan Benar

Tanpa mengetahui berapa ukuran bidang yang diperlukan seperti ukuran panjang, tinggi, dan lebarnya, tentu akan lebih sulit. Jangan mengira-ngira ukuran stiker yang akan dipajang di papan nama nantinya. Ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar akan menyulitkan pihak jasa pembuatan plang nama.

  • Perhatikan Tulisan yang Tercantum di Plang

Walaupun biasanya plang nama untuk kantor instansi pemerintah menggunakan jenis huruf yang formal, tetapi bisa saja mereka ingin gaya berbeda. Misalnya jika biasanya font yang digunakan adalah Arial atau Blewed, bisa saja pemimpin di sana ingin font yang lebih unik.

Maka konfirmasikan juga dengan jasa pembuatan plang nama, jenis font yang diinginkan. Ada banyak pilihan jenis font yang saat ini, yang juga bisa diaplikasikan pada plang nama. Asalkan ukurannya besar, jelas, dan mudah dibaca dari jarak jauh sekalipun.

  • Perhatikan Lokasi Pemasangan Plang

Hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan dalam membuat plang nama stiker berkualitas adalah, lokasi pemasangan plang tersebut. apakah akan dipasang di dalam ataupun di luar ruangan. Walaupun kebanyakan kantor dan tempat usaha memasang plang nama di luar gedung tepatnya di bagian depan.

Tapi banyak juga dari mereka yang juga ingin memasang plang di bagian dalam ruangan. Jika ingin memasang di luar ruangan pilihlah jenis bahan stiker yang kualitasnya bagus, tahan lama, dan warnanya tak mudah pudar. Untuk bahan stiker yang ukurannya hanya 45 cm saja biasanya memiliki ketahanan yang kurang baik.

Apalagi jika pemilihan warnanya di luar warna hitam dan putih, keawetannya masih diragukan. Sedangkan jika plang nama ini dipasang di dalam ruangan maka jenis bahan apa pun tak masalah. Karena jika plang dipasang di dalam maka tidak akan terkena matahari atau cuaca hujan.

Untuk material bahan stiker yang digunakan untuk plang nama yang dipasang di luar ruangan sebaiknya pilih bahan premium. Agar tingkat ketahanannya juga lebih baik dan bisa lebih awet.

  • Siapakah yang Akan Menempel Stiker

Pembuatan plang nama dengan menggunakan stiker bisa dilakukan sendiri atau bisa juga memesannya di jasa pembuatan plang nama. Jika ingin membuat atau menempel stiker sendiri maka lakukan hal berikut ini:

  • Atur desainnya terlebih dulu supaya tidak terpotong-potong, dengan satu baris potong di baris yang sama agar tidak bingung.
  • Lapisi semua desain dengan menggunakan masking tape.
  • Jika tidak menggunakan masking tape maka bahannya dicutting saja.
  • Sertakan kertas lalu cetak dengan menggunakan printer sebagai panduan untuk menempelkan stiker. Contohnya berapa cm dari atas, berapa cm dari samping dan sebagainya.
  • Menggunakan Teknik Basah atau Kering

Tahap berikutnya dari pembuatan plang nama stiker jenis cutting adalah pemasangan plang. Apabila jenis desainnya tipis dan banyak maka gunakan saja teknik kering. Sedangkan untuk desain dan juga huruf tebal gunakan saja teknik basah.

Desain yang terlalu kecil dengan huruf yang tipis akan lebih sempurna jika ditempel dengan teknik kering. Lalu sapukan squeeze/rakel/kape agar stiker tersebut dapat menempel dengan sempurna.

Tapi jika polanya lebih tebal seperti bentuk logo/lingkaran dengan huruf tebal, akan meninggalkan gelembung jika tidak ditempel dengan air. Jika menggunakan teknik basah tinggal ditempelkan saja kemudian geser, maka pola yang lebar sekalipun tidak akan meninggalkan bekas.

Cutting Stiker Pada Papan Nama atau Neon Box

Cutting stiker yang biasa digunakan pada papan nama atau neon box biasanya akan menggunakan bahan stiker oracal 651 mett/doff. Lebih tepatnya bahan oracal black 070 dengan bahan oracal doff red 031. Mengapa harus menggunakan jenis bahan stiker oracal? Karena oracal 651 ini sesuai dengan kebutuhan baik dari segi harga atau ketahanan.

Kualitasnya juga sudah tidak perlu diragukan lagi karena memang recommended dan bagus. Tak heran jika stiker yang dipasang di plang minimarket, bank, dan sebagainya, menggunakan bahan oracal 651. Mengapa bahan oracal ini merupakan jenis bahan yang bagus? Karena warnanya tidak mudah pudar walaupun plang dipasang di luar ruangan.

Hal itu menunjukkan bahwa kualitas bahannya memang bagus dan juga berkualitas, dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Pilihan warnanya pun sangat beragam sehingga Anda bisa memilih warna apa saja sesuai kebutuhannya. Jika ingin menggunakan bahan oracal 651 untuk dipasang di plang nama.

Cara Memasang Stiker di Plang Nama

Pemasangan stiker di plang nama atau di media lainnya memang terlihat mudah, padahal dalam praktiknya tidak mudah. Sehingga diperlukan ahli di bidangnya untuk pemasangan stiker di plang tersebut. Jika kesulitan memasang stiker untuk plang nama, sebaiknya Anda memesannya saja di jasa pembuatan plang nama terpercaya.

Untuk teknik pemasangan stikernya bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Persiapkan Alat dan Bahan

  • Stiker yang akan ditempelkan
  • Kain lap kering
  • Plat plang nama yang sudah dalam kondisi tertanam
  • Korek api gas
  • Air sabun secukupnya
  • Pisau cutter
  • Serok pembersih kaca
  • Langkah Pemasangan

  • Pertama-tama siapkan dahulu plat dalam kondisi bersih dan juga licin. Semakin licin bagian permukaannya maka hasilnya pun akan semakin rapi dari hasil tempelan stiker tersebut. Kemudian basahi bagian permukaan plat dengan air sabun secara merata.

Fungsi dari air sabun ini adalah untuk mencegah stiker tidak langsung menempel di plat. Karena jika langsung menempel akan lebih sulit merapikannya atau posisi yang sesuai dengan keinginan.

  • Siapkan stiker yang nanti akan ditempel di plang, buka lapisan perekatnya sambil membasahinya dengan air sabun secara merata. Sebelumnya, Anda harus memilih desain plang nama stiker yang cocok untuk plang nama tersebut.
  • Atur posisi kertas stiker pada plat sesuai keinginan, misalnya di bagian tengah. Lalu ratakan dengan tangan dan keluarkan juga seluruh gelembung udara yang terjebak di bawah stiker. Supaya lebih rapi keluarkan air sabun dengan serok pembersih kaca dengan posisi plat yang miring.
  • Jika masih ada sisa gelembung kecil maka gunakan bagian ujung cutter untuk membuat lubang kecil sehingga udara yang terperangkap bisa keluar.
  • Gunakan mancis gas kecil untuk merapikan dan menghilangkan kerutan di bagian permukaannya.

Itulah pembuatan plang nama stiker dan teknik pemasangannya dengan benar dan mudah. Jika tidak bisa membuatnya sendiri, solusi termudah adalah pesan di Pioner Laser. Anda bisa konsultasikan dahulu dengan tim profesional kami di 0812 9083 3335 atau email di info@pionerlaser.com.

5/5 - (4 votes)

Write a Comment

×