Cara Pasang Neon Box di Dinding

Cara Pasang Neon Box di Dinding – Di kota-kota besar, neon box banyak ditemui di mall maupun area protokol. Tujuan penggunaannya antara lain untuk memberikan informasi dan media promosi produk maupun jasa. Simak salah satu cara penggunaan neon box.

Cara Pasang Neon Box di Dinding

Cara Pasang Neon Box di Dinding Dengan Teknik Backlite

Material vinyl adalah bahan yang paling murah untuk digunakan. Jika dibandingkan bahan lainnya, material vinyl relatif mudah dan fleksibel. Material vinyl sangat cocok digunakan untuk neon box yang berfungsi sebagai media promosi produk musiman. Sehingga, tampilan neon box dapat diganti sesuai kebutuhan.

Apabila ingin menggunakan media tersebut, caranya cukup mudah. Gunakan teknik backlite, sehingga neon box hanya perlu dipasang di dinding dan tampilan bisa diganti di lain hari.

Langkah pertama adalah mendesain dan mencetak jenis promosi yang ingin dilakukan. Print hasilnya pada material vinyl yang sudah disiapkan. Pastikan desainnya beresolusi tinggi dan dicetak lebih pekat agar tidak buram saat dipasang pada neon box.

  • Buat Kerangka

Material kerangka yang digunakan untuk menyangga vinyl ada beragam jenisnya. Mulai dari aluminium, stainless steel, besi hollow, dll. Material yang paling sering digunakan adalah aluminium. Sebab, material tersebut cukup terjangkau dan ringan, sehingga tidak memberatkan jika dipasang di dinding.

Kerangka yang dibuat ukurannya harus lebih kecil daripada material vinyl yang telah dicetak. Sebab, tampilan vinyl tersebut harus menutupi seluruh lapisan kerangka agar lampu hanya tersorot pada vinyl. Sehingga gambar atau tulisan dapat dilihat dengan jelas.

  • Pasang Mur Baut

Setelah menyiapkan bahan material kerangka, pasang menggunakan mur dan baut yang kokoh. Ini adalah salah satu trik cara pasang neon box di dinding awet sehingga neon box tidak rapuh dan terjatuh.

Apabila neon box jatuh dan rusak parah, tentu akan menimbulkan kerugian untuk brand. Selain biaya reparasi, terkadang harus melakukan biaya pembuatan neon box yang baru. Maka dari itu gunakan bahan yang berkualitas untuk menjaga keutuhannya.

  • Pasang Lampu

Teknik backlite adalah teknik lampu yang dipasang pada bagian dalam neon box untuk menyinari tampilan material di bagian depan. Teknik ini biasanya digunakan untuk neon box yang menunjukkan satu sisi saja. Sehingga, hanya bisa dilihat dari arah depan saja.

Setelah memasang kerangka, langkah selanjutnya adalah memasang lampu pada bagian dalam neon box. Pilih lampu yang sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya memakai lampu dengan warna dan kekuatan daya yang sama agar hasil sinaran maksimal.

  • Pasang Di Dinding

Setelah memasang lampu pada kerangka, langkah selanjutnya adalah memasang neon box di dinding. Bisa dengan menggantungkan neon box, atau dengan memasang tempat permanen khusus neon box pada dinding.

Pastikan dinding bersih dari kotoran dan tidak rentan lembab. Apabila dinding rapuh dan lembab, dikhaatirkan merusak neon box bahkan membuat neon box jatuh dari tempatnya. Pasang neon box di dinding yang aman dan menggunakan pemasangan yang kokoh.

  • Pasang Vinyl

Vinyl dipasang terakhir agar lampu dapat dicek terlebih dahulu apakah bisa menyala dengan baik atau tidak. Setelah kerangka dipasang di dinding dan lampu bekerja dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah merapatkan material vinyl yang sudah dicetak pada bagian luar kerangka.

Jangan terlalu menekan dan menarik material vinyl secara paksa. Gunakan ukuran yang pas menutupi seluruh kerangka. Apabila ditarik paksa, material akan robek dan rusak.

Tambahan, tips cara pasang neon box di dinding agar terlihat bagus dan elegan. Rapikan seluruh sisinya terpasang sempurna. Jika ada yang bergelombang, kesan neon box menjadi kurang sedap dipandang mata.

Alasan Mengapa Anda Harus Pakai Neon Box

Walaupun memiliki kekurangan, neon box tetap menjadi salah satu pilihan terbaik yang digunakan sebagai media promosi. Meski begitu, banyak brand baik besar maupun kecil yang menggunakan media ini. Keputusan itu ternyata didasari beberapa alasan.

  • Gampang Dilihat Saat Malam

Ciri khas neon box yang menjadi pembeda dengan media promosi lainnya adalah penggunaan lampu yang menyorot tampilannya. Dengan demikian, desain tulisan atau gambar yang tertera menjadi terlihat jelas. Inilah keunggulan paling unik yang dimiliki neon box dibanding media lainnya.

Karena bantuan lampu itu pula, desain tampilan dapat dilihat pada malam hari. Sehingga, durasi promosi menjadi lebih optimal dan panjang. Berbeda dengan media lainnya, misalnya spanduk, yang hanya bisa dibaca jelas di waktu siang.

  • Aesthetic

Penggunaan neon box memang sudah tidak asing lagi. Namun, media ini bisa dibilang sebagai salah satu media paling tinggi nilai estetikanya. Tidak hanya mengandalkan bantuan lampu, desain yang ada pada tampilan neon box bisa dimodifikasi sesuka hati.

Artinya, pengguna neon box dapat menggunakan kreativitasnya dalam mendesain tampilan neon box. Memadukan warna, tulisan, dan gambar yang unik. Ditambah dengan sorot lampu yang membuat kreasi tersebut terlihat menonjol. Nilai estetika media neon box jadi meningkat dibanding media lainnya.

  • Kesan Mahal

Neon box secara umum banyak digunakan oleh brand atau perusahaan yang besar. Wajar, sebab penggunaan neon box bisa dibilang cukup mahal. Selain material dan proses pembuatannya yang lebih rumit sehingga membutuhkan banyak biaya, beberapa neon box juga dikenai pajak.

Meski demikian, neon box tetap menjadi primadona. Sebab, kesan yang diberikan atas brand menjadi lebih tinggi. Neon box membuat citra sebuah brand atau produk terkesan mahal, sehingga nilai jualnya jadi tinggi.

  • Customer Lebih Mudah Menemukan Tempat

Neon box yang dipasang pada tiang semakin memaksimalkan alasan yang satu ini. Ditambah dengan cahaya benderang lampu, customer jadi lebih mudah menemukan tempat usaha.

Meski begitu, tidak jarang juga neon box dipasang pada dinding. Biasanya neon box yang dipasang di dinding berjenis double sided. Cara pasang neon box di dinding gampang dilakukan apabila menggunakan jenis neon box satu ini. Jenis neon box ini dipasang miring atau menggantung, sehingga bisa dilihat dari dua arah berlawanan.

  • Jangka Panjang

Material yang digunakan untuk bahan neon box relatif lebih tahan lama dibandingkan material media promosi lainnya. Misalnya bahan akrilik yang dipadukan dengan kerangka stainless steel. Maka akan menghasilkan media yang kokoh.

Walaupun terkesan mahal di awal, namun penggunaan neon box memiliki jangka waktu yang panjang. Secara tidak langsung, itu akan menghemat biaya pengeluaran periklanan.

Dari sisi kekuatan iklan harian pun, neon box dapat bekerja selama 24jam. Lampu yang menjadi elemen neon box membantu masa promosi terus berlanjut bahkan sampai dini hari.

Alur cara pasang neon box di dinding sebenarnya cukup mudah, apalagi jika menggunakan material fleksibel seperti vinyl. Siapa pun bisa memasang neon box dengan menggabungkan keduanya. Jika ingin hasil terbaik, percayakan pada tenaga ahli untuk hasil maksimal.

Jika diperkukan bisa menghubingi jasa yang menyediakan printing vinyl. Pioner Laser menyediakan berbagai layanan terbaik. Segera hubungi kami melalui Whatsapp di 0812 9083 3335 serta email ke info@pionerlaser.com untuk mendapatkan penawaran terbaik!

5/5 - (6 votes)

Write a Comment

×